MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Pawai kelulusan bakal di tilang

INILAH.COm, Pontianak - Kepolisian menghimbau agar pelajar tidak merayakan kelulusan ujian nasional secara berlebihan. Termasuk melakukan pawai di jalan raya. Karena langkah tegas akan diambil terhadap pelanggar aturan lalu lintas. Tanpa terkecuali terhadap pelajar yang melaksanakan konvoi pawai kelulusan. Jika ditemukan pelanggaran maka akan langsung ditilang.

“Kelulusan sekolah seyogyanya disyukuri. Bukan melakukan konvoi di jalan raya apalagi mencoret pakaian. Maka Kita mengingatkan lebih baik jangan pawai. Untuk itu, kita menginginkan kerjasama semua pihak mengantisipasi supaya tidak ada konvoi kelulusan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar Kombes Pol Lotharia Latif di Pontianak, kemarin.

Menurut dia, sanksi tegas akan dijatuhkan terhadap aksi pawai. Misal dengan melakukan operasi penertiban melalui pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan dan mengemudi. Kepada pelajar yang masih tetap nekat berpawai, jika memang ditemukan pelanggaran maka langsung ditilang. Sedangkan kepolisian, lanjut dia, tidak akan memberikan toleransi.

“Aksi pawai secara tidak langsung tentu dapat menimbulkan kemacetan di jalan raya. Ini demi kebaikan bersama, selain potensi gangguan kambtibmas yang perlu diantisipasi. Semua sudah kita pertimbangkan dampak buruknya, maka sikap tegas diambil kepada pelajar yang berkonvoi untuk merayakan kelulusan,” kata Dirlantas.

Ia berharap partisipasi pihak sekolah dalam mencegah aksi konvoi kelulusan. Mengimbau para muridnya secara intens supaya tidak mudah terpengaruh bila mendapat ajakan untuk berkonvoi. Termasuk menginformasikan ke pihak berwajib jika menemukan gelagat murid yang tetap nekat konvoi usai pengumuman kelulusan.

Menurut Dirlantas, turut dikhawatirkan dari konvoi kelulusan yakni aksi kebutan-kebutan dan ugal-ugalan. Resiko kecelakaan menjadi sangat rentan. Padahal sudah menjadi upaya bersama untuk meminimalisir angka kecelakaan. Sementara data angka kecelakaan pada usia produktif, lanjut dia, menduduki peringkat pertama.

Untuk itu, kepolisian akan intens menjalin koordinasi dengan pihak terkait. Mengupayakan secara maksimal supaya tidak berlangsung aksi konvoi pelajar saat hari kelulusan.

“Personil akan disiagakan di sejumlah ruas jalan saat hari pengumuman kelulusan. Kami tetap melakukan pengawasan dan mengupayakan langkah persuasif untuk mencegah konvoi pelajar. Kita intinya ingin kambtibmas tetap kondusif. Tidak menginginkan pelajar terjaring razia kendaraan,” kata Dirlantas.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

alif nugroho. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / four headset comunity

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger